16 November 2016

Manfaat dan Dampak Penggunaan Youtube

PENDAHULUAN
1.       Latar Belakang
Di zaman yang serba elektronik dan modern seperti sekarang ini sangat berpengaruh terhadap kelanjutan kehidupan. Awal mulanya kemunculan media sosial dikarenakan teknologi yang begitu canggih. Media sosial adalah media online yang meliputi jejaring sosial, blog, e-pedia, dunia virtual dan forum pembicaraan yang sangat berguna dan bermanfaat. Dengan keberadaan media sosial kita dapat mencari informasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, contohnya mahasiswa, seperti mencari jawaban-jawaban untuk tugas perkuliahan dan berita terbaru yang sedang viral. Media sosial itu sendiri memberikan penawaran terhadap multimedia yaitu hasil karya seni seseorang yang berupa tulisan, gambar, video maupun desain yang disebar luaskan ke pengguna lainnya dan salah satu contoh karya yang berupa video adalah YouTube.

YouTube adalah salah satu situs atau penyedia layanan video terbesar saat ini dan juga merupakan media untuk upload secara gratis. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. YouTube juga sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel. Pada umumnya video-video di YouTube adalah video klip, acara TV, film serta video buatan para penggunanya sendiri. Manfaat lain dari penggunaan YouTube adalah bahwa isinya dapat disiarkan ke jutaan pemirsa. YouTube tersedia di hampir setiap negara di dunia dan di setiap komputer yang memiliki akses internet, serta dikunjungi setiap hari oleh jutaan orang.

2.       Tujuan Pelaksanaan Studi Kasus
Pelaksanaan studi kasus ini dilaksanakan dalam usaha untuk menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam memberikan layanan konseling secara individual serta pembuatan laporan studi kasus. Serta dalam meneliti dampak apa saja yang akan menimpa kalangan kalangan remaja yang gemar menggunakan YouTube.

3.       Identifikasi Kasus
Dalam identifikasi kasus, saya menggunakan beberapa alat pengumpul data yang diperlukan yaitu melalui pengisian kuisioner. Mahasiswa yang terlibat didalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.       Delia Ulfa Rusadi (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil)
b.       Achmad Syarif Bachriansyah (Universitas Telkom)
c.       Gita Heliyati (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil)
d.       Agatha Dyah Puspita (Sekolah Tinggi Manajemen Industri)
e.       Rizka Aulia Fazri (Universitas Gunadarma)
f.        Kevin Davies Mandela (Politeknik Negri Jakarta)



BAB II

1.       Pengumpulan Data
Salah satu teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner atau lebih dikenal sebagai angket. Angket adalah teknik pengumpulan data dengan menyerahkan atau mengirimkan daftar pertanyaan untuk diisi sendiri oleh responden. Responden adalah orang yang memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Penggunaan angket merupakan hal pokok pada penelitian survei untuk pengumpulan data.

2.       Hasil Analisa
Dalam perkembangan zaman dan teknologi sungguh sangat mempengaruhi dalam dunia pendidikan. Banyak media-media pembelajaran yang ada sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam proses belajar.
              Menurut nursalam (2008) penetapan pemilihan metode yang tepat seharusnya mempertimbangkan aspek yang ingin dicapai,yaitu mengacu pada garis besar program pembelajaran yang dibagai menjadi dua jenis :
a.       Proses pembelajaran mampu mendorong peserta didik menata dan mengisi pengalaman baru dengan berpedoman pada masa lalu yang pernah dialami. Contoh: latihan tanya jawab,wawancara, konsultasi, latihan kepekaan dll.
b.       Proses pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan transfer pengetahuan   baru,pengalaman baru, dan ketrampilan baru sehingga dapat mendorong masing-masing meraih semaksimal mungkin ilmu pengetahuan yang diinginkannya, apa yang menjadi kebutuhannaya, serta keterampilan yang diperlukan. Contoh: belajar menggunakan komputer.

Dengan menggunakan media pembelajaran yang ada sekarang tentunya tingkat pemahaman dan proses pembelajaran akan materi yang di sampaikan akan meningkat. Salah satunya kita dapat menggunakan sarana pemanfaatan komputer dan internet dengan mengakses situs-situs pembelajaran guna menambah wawasan yang luas dan membuka cakrawala ilmu. Banyak sekali media pembalajaran online untuk menambah wawasan pelajar,misalnya: blog,e-learning serta youtube.
              Dengan banyaknya media pembelajaran online di harapkan para pengajar mampu untuk memanfaatkan media pembelajaran tersebut dan juga mengembangakan kreatifitas para pelajar.

3.        Pengenalan YouTube
              Seiring perkembangan zaman yang membuat terjadinya persaingan dari segi teknologi informasi. Youtube hadir dengan segala kemudahan-kemudahan yang di berikan. Youtube merupakan media sosial untuk sharing video online yang terbesar dan terkenal di dunia internet sampai saat ini. Youtube didirikan pada februari 2005. Pengguna media sharing video  ini tersebar di seluruh dunia dari berbagai kalangan usia.
              YouTube adalah layanan video-sharing yang memungkinkan pengguna untuk mengirim video pribadi yang dikembangkan, dari animasi untuk rekaman pribadi,dan berbagai video pembelajaran yang dapat kita dapatkan disana. YouTube adalah aplikasi sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan membentuk masyarakat di sekitar konten mereka. Selain itu kita juga dapat menonton dan berbagi video secara gratis.

4.       Integrasi Youtube dengan Geografi
Banyak pilihan metode pengajaran yang dapat diaplikasikan pada pendidikan geografi. Salah satu metode pendidikan pendidikan dengan tekhnologi komputer merupakan metode pilihan pembelajaran yang paling mudah dan praktis yang dipilih oleh penyelenggara pendidikan geografi. Metode pembelajaran ini mengunakan media YouTube sebagai sumber pembelajaran teraplikasi. Dalam Penggunaan teknologi pengajaran haruslah memiliki kenyamanan penggunaan dan akses yang cepat bagi pendidik. Ini semua ada pada akses internet YouTube yang menawarkan bentuk strategi pengajaran yang sangat inovatif untuk digunakan oleh pendidik.
Teknologi pembelajaran menggunakan web atau media sosial seperti YouTube telah di kenal lama oleh negara besar amerika sebagai pembelajaran jarak jauh yang telah di tingkatkan melalui  program hibridisasi dan online. Bentuk pembelajaran seperti ini yang kurikulum yang tidak memerlukan komponen klinis: misalnya: khusus program sarjana, dan kursus keperawatan dasar seperti pengenalan untuk keperawatan, kepemimpinan, dan program penelitian. Pemilihan metode ini didasarkan akan kemudahan konektivitas melalui internet. Dengan bantuan video yang dapat diakses dari youtube pembelajaran dalam pendidikan geografi lebih menarik karena di tampilkan secara visual. Selain itu geografi menekankan terhadap penjelasan mengenai sebab dan proses yang terjadi pada suatu peristiwa alam. Dengan mengamati lewat video proses dan penyebab peristiwa alam dapat di ketahui dan dijelaskan secara mendetail oleh pengajar,sehingga para pelajar dapat lebih memahami akan materi yang di jelaskan.

5.       Dampak YouTube
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat semakin mudah pula seseorang bisa mengakses berbagai macam video, gambar, ebook, ataupun artikel. Akibatnya banyak yang menggunakan media internet sebagai tempat pelarian untuk mencari hal-hal baru, contohnya seperti di YouTube semua orang bisa mengakses berbagai macam video yang telah di unggah oleh orang banyak. Pemanfaatan youtube ini dapat berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial ataupun mengunggah video yang kita punya, bila youtube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi pengguna. Berikut dampak positif dan negatif dari YouTube :
Dampak Positif :
-          Dapat mencari video tutorial
-          Bisa menjadi artis dadakan
-          Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki
-          Dapat mencari video unik dan lucu
-          Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik
Dampak negatif :
-          Dapat dipakai untuk mencari video porno
-          Video-video kekerasan
-          Video yang dapat memperjelek nama seseorang

Penutup
1.       Kesimpulan
            Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan. Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Sementara, YouTube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam video mulai dari video clip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna YouTube sendiri.
Berikut dampak positif dan negatif dari YouTube :
Dampak Positif :
- Dapat mencari video tutorial
- Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki
- Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik
Dampak negatif :
- Dapat dipakai untuk mencari video porno
- Video-video kekerasan
- Video yang dapat memperjelek nama seseorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar