PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Di
zaman yang serba elektronik dan modern seperti sekarang ini sangat berpengaruh
terhadap kelanjutan kehidupan. Awal mulanya kemunculan media sosial dikarenakan
teknologi yang begitu canggih. Media sosial adalah media online yang meliputi
jejaring sosial, blog, e-pedia, dunia virtual dan forum pembicaraan yang sangat
berguna dan bermanfaat. Dengan keberadaan media sosial kita dapat mencari
informasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, contohnya mahasiswa, seperti
mencari jawaban-jawaban untuk tugas perkuliahan dan berita terbaru yang sedang viral. Media sosial itu sendiri memberikan
penawaran terhadap multimedia yaitu hasil karya seni seseorang yang berupa tulisan,
gambar, video maupun desain yang disebar luaskan ke pengguna lainnya dan salah
satu contoh karya yang berupa video adalah YouTube.
YouTube
adalah salah satu situs atau penyedia layanan video terbesar saat ini dan juga
merupakan media untuk upload secara gratis. Para pengguna dapat memuat,
menonton, dan berbagi klip video secara gratis. YouTube juga sangat cocok bagi
kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel. Pada umumnya
video-video di YouTube adalah video klip, acara TV, film serta video buatan
para penggunanya sendiri. Manfaat lain dari penggunaan YouTube adalah bahwa
isinya dapat disiarkan ke jutaan pemirsa. YouTube tersedia di hampir setiap
negara di dunia dan di setiap komputer yang memiliki akses internet, serta
dikunjungi setiap hari oleh jutaan orang.
2. Tujuan
Pelaksanaan Studi Kasus
Pelaksanaan
studi kasus ini dilaksanakan dalam usaha untuk menguasai pengetahuan, sikap,
dan keterampilan dalam memberikan layanan konseling secara individual serta
pembuatan laporan studi kasus. Serta dalam meneliti dampak apa saja yang akan
menimpa kalangan kalangan remaja yang gemar menggunakan YouTube.
3. Identifikasi
Kasus
Dalam
identifikasi kasus, saya menggunakan beberapa alat pengumpul data yang
diperlukan yaitu melalui pengisian kuisioner. Mahasiswa yang terlibat didalam
penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.
Delia Ulfa Rusadi (Sekolah Tinggi Teknologi
Tekstil)
b.
Achmad Syarif Bachriansyah (Universitas Telkom)
c.
Gita Heliyati (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil)
d.
Agatha Dyah Puspita (Sekolah Tinggi Manajemen
Industri)
e.
Rizka Aulia Fazri (Universitas Gunadarma)
f.
Kevin Davies Mandela (Politeknik Negri Jakarta)
BAB II
1.
Pengumpulan Data
Salah satu
teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner atau lebih dikenal
sebagai angket. Angket adalah teknik pengumpulan data dengan menyerahkan atau
mengirimkan daftar pertanyaan untuk diisi sendiri oleh responden. Responden
adalah orang yang memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan
yang diajukan. Penggunaan angket merupakan hal pokok pada penelitian survei
untuk pengumpulan data.
2. Hasil
Analisa
Dalam
perkembangan zaman dan teknologi sungguh sangat mempengaruhi dalam dunia
pendidikan. Banyak media-media pembelajaran yang ada sehingga dapat
meningkatkan pemahaman dalam proses belajar.
Menurut nursalam (2008) penetapan
pemilihan metode yang tepat seharusnya mempertimbangkan aspek yang ingin
dicapai,yaitu mengacu pada garis besar program pembelajaran yang dibagai
menjadi dua jenis :
a.
Proses pembelajaran mampu mendorong peserta
didik menata dan mengisi pengalaman baru dengan berpedoman pada masa lalu yang
pernah dialami. Contoh: latihan tanya jawab,wawancara, konsultasi, latihan
kepekaan dll.
b.
Proses pembelajaran yang dirancang untuk
meningkatkan transfer pengetahuan
baru,pengalaman baru, dan ketrampilan baru sehingga dapat mendorong
masing-masing meraih semaksimal mungkin ilmu pengetahuan yang diinginkannya,
apa yang menjadi kebutuhannaya, serta keterampilan yang diperlukan. Contoh:
belajar menggunakan komputer.
Dengan
menggunakan media pembelajaran yang ada sekarang tentunya tingkat pemahaman dan
proses pembelajaran akan materi yang di sampaikan akan meningkat. Salah satunya
kita dapat menggunakan sarana pemanfaatan komputer dan internet dengan
mengakses situs-situs pembelajaran guna menambah wawasan yang luas dan membuka
cakrawala ilmu. Banyak sekali media pembalajaran online untuk menambah wawasan
pelajar,misalnya: blog,e-learning serta youtube.
Dengan banyaknya media pembelajaran
online di harapkan para pengajar mampu untuk memanfaatkan media pembelajaran
tersebut dan juga mengembangakan kreatifitas para pelajar.
3. Pengenalan YouTube
Seiring perkembangan zaman yang
membuat terjadinya persaingan dari segi teknologi informasi. Youtube hadir
dengan segala kemudahan-kemudahan yang di berikan. Youtube merupakan media
sosial untuk sharing video online yang terbesar dan terkenal di dunia internet
sampai saat ini. Youtube didirikan pada februari 2005. Pengguna media sharing
video ini tersebar di seluruh dunia dari
berbagai kalangan usia.
YouTube adalah layanan
video-sharing yang memungkinkan pengguna untuk mengirim video pribadi yang
dikembangkan, dari animasi untuk rekaman pribadi,dan berbagai video pembelajaran
yang dapat kita dapatkan disana. YouTube adalah aplikasi sosial yang
memungkinkan pengguna untuk berbagi dan membentuk masyarakat di sekitar konten
mereka. Selain itu kita juga dapat menonton dan berbagi video secara gratis.
4. Integrasi
Youtube dengan Geografi
Banyak
pilihan metode pengajaran yang dapat diaplikasikan pada pendidikan geografi.
Salah satu metode pendidikan pendidikan dengan tekhnologi komputer merupakan
metode pilihan pembelajaran yang paling mudah dan praktis yang dipilih oleh
penyelenggara pendidikan geografi. Metode pembelajaran ini mengunakan media
YouTube sebagai sumber pembelajaran teraplikasi. Dalam Penggunaan teknologi
pengajaran haruslah memiliki kenyamanan penggunaan dan akses yang cepat bagi
pendidik. Ini semua ada pada akses internet YouTube yang menawarkan bentuk
strategi pengajaran yang sangat inovatif untuk digunakan oleh pendidik.
Teknologi
pembelajaran menggunakan web atau media sosial seperti YouTube telah di kenal
lama oleh negara besar amerika sebagai pembelajaran jarak jauh yang telah di
tingkatkan melalui program hibridisasi
dan online. Bentuk pembelajaran seperti ini yang kurikulum yang tidak
memerlukan komponen klinis: misalnya: khusus program sarjana, dan kursus
keperawatan dasar seperti pengenalan untuk keperawatan, kepemimpinan, dan
program penelitian. Pemilihan metode ini didasarkan akan kemudahan konektivitas
melalui internet. Dengan bantuan video yang dapat diakses dari youtube
pembelajaran dalam pendidikan geografi lebih menarik karena di tampilkan secara
visual. Selain itu geografi menekankan terhadap penjelasan mengenai sebab dan
proses yang terjadi pada suatu peristiwa alam. Dengan mengamati lewat video
proses dan penyebab peristiwa alam dapat di ketahui dan dijelaskan secara
mendetail oleh pengajar,sehingga para pelajar dapat lebih memahami akan materi
yang di jelaskan.
5. Dampak
YouTube
Dengan
perkembangan teknologi yang semakin pesat semakin mudah pula seseorang bisa
mengakses berbagai macam video, gambar, ebook, ataupun artikel. Akibatnya
banyak yang menggunakan media internet sebagai tempat pelarian untuk mencari
hal-hal baru, contohnya seperti di YouTube semua orang bisa mengakses berbagai
macam video yang telah di unggah oleh orang banyak. Pemanfaatan youtube ini
dapat berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai
macam tutorial ataupun mengunggah video yang kita punya, bila youtube hanya
digunakan untuk mencari video yang tidak etis maka hal tersebut dapat berdampak
negatif bagi pengguna. Berikut dampak positif dan negatif dari YouTube :
Dampak Positif :
-
Dapat mencari video tutorial
-
Bisa menjadi artis dadakan
-
Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai
video yang kita miliki
-
Dapat mencari video unik dan lucu
-
Membuat orang kreatif dengan membuat video yang
menarik
Dampak negatif :
-
Dapat dipakai untuk mencari video porno
-
Video-video kekerasan
-
Video yang dapat memperjelek nama seseorang
Penutup
1.
Kesimpulan
Media sosial adalah sebuah media
online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan. Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia
virtual. Sementara, YouTube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam
video mulai dari video clip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh
pengguna YouTube sendiri.
Berikut dampak
positif dan negatif dari YouTube :
Dampak Positif :
- Dapat mencari
video tutorial
- Bisa berbagi
keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki
- Membuat orang
kreatif dengan membuat video yang menarik
Dampak negatif :
- Dapat dipakai
untuk mencari video porno
- Video-video
kekerasan
- Video yang
dapat memperjelek nama seseorang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar